Sabtu, 25 April 2015

Famtrip Jateng, Jalan-Jalan Sambil Promosi Obyek Wisata di Pantura Barat Jawa Tengah

Dear Gres,

Selama 3 hari (21-23 April ) Gandjel Rel mengikuti #FamTrip Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Jateng dengan peserta para travel blogger yang berasal dari beberapa kota antara lain Semarang, Solo, Tegal, Blora, Bandung, Jakarta & Surabaya.

Rombongan Famtrip Jateng di Guci Tegal

Trip ini diadakan kembali setelah sebelumnya diadakan di Solo dan Wonosobo. Familiarization Trip yang lebih mudah disebut Fam Trip ini diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Jateng untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Jawa Tengah.

sanggar seni multikultural di Pekalongan

Strateginya dengan mengundang para travel blogger dan aktivis media sosial,  maka pariwisata Jawa Tengah lebih dikenal luas lewat blog dan sosial media. Dan hal ini bisa berdampak pada kunjungan wisatawan ke obyek wisata yang ditulis.

Perjalanan ke Pantura Barat antara lain Kota Kendal, Pemalang, Pekalongan dan Tegal ini memiliki sejuta cerita. Banyak hal baru yang kami temui dan tempat baru yang seru untuk dieksplorasi. Hari pertama, rute #Famtrip Jateng adalah Curug Sewu di Kendal, lalu dilanjutkan dengan makan siang garang asem Pekalongan.

Tari sufi whirling darwis di Pekalongan diiringi gamelan Jawa

Perjalanan kami berikutnya adalah Museum Batik Pekalongan, lalu obyek wisata terbaru Pekalongan yaitu hutan mangrove. Dimana kami naik perahu mengelilingi kawasan hutan mangrove. Menarik. Malamnya, kami mengunjungi Sanggar seni multikultural pimpinan Habib Muh di Progo, Pekalongan.

Satu hari yang berkesan itu diakhiri dengan menginap di Hotel Syariah Namira, Pekalongan. Hari kedua tak kalah seru. Kami berkunjung ke Kampung Batik Pesindon untuk melihat proses pembuatan batik tulis dan celup hingga dipajang di Butik Larissa milik Pak Edy, salah satu produsen batik terkenal di kampung itu.

Berikutnya, kami mengunjungi IBC, pusat batik premium Pekalongan. Dan ditutup dengan mengunjungi Widuri Waterpark di Pemalang. Wahana andalan Widuri Waterpark adalah Boomerang yang cukup memacu adrenalin. Setelah itu, kami menikmati sunset di dermaga Pantai Widuri. Romantis.

Setelah menginap semalam di Hotel Kencana Pemalang, kami berangkat menuju Guci, wisata pemandian air panas di Kabupaten Tegal. Pemandangannya indah dan asyik dikunjungi. Kami juga mengunjungi sentra jamu di Tegal sayangnya sudah tutup. Kami terlambat.

Famtrip Jateng adalah sebuah trip yang berkesan untuk para blogger. Jadi punya banyak bahan untuk ditulis, untuk memperkenalkan obyek wisata di Pantura agar lebih dikenal masyarakat Indonesia. Salah satu liputan anggota Gandjel Rel bisa diintip di blog Dewi Rieka.