Selasa, 05 Mei 2015

Blogger Gandjel Rel di #KulinerIndonesia bareng Arie Parikesit

Halo sobat GRes...

Blogger Gandjel Rel beruntung banget nih punya kesempatan untuk bertemu dengan Mas Arie Parikesit, founder Kelana Rasa Culinary Solution dan koordinator Ekspedisi Warisan Kuliner. 

Wuiiihh... makan-makan berarti ini yes? 

Event yang dihelat di Rinjani View Semarang tanggal 14 April yang lalu ini merupakan rangkaian #KulinerIndonesia dimana Mas Arie dan seluruh crew keliling Nusantara untuk menggali kekayaan kuliner Indonesia. Jadi beruntung sekali Semarang bisa kedatangan beliau, dan lebih beruntung lagi blogger GRes bisa ikutan ramai-ramai ketemu master kuliner ini.

Selfie dulu aaaahh.... Ini sesuai instruksi yang tertera di secarik kertas yang diberikan kepada semua peserta yang mendaftar. Ikutan acara ini tidak dipungut biaya alias FREE. Yang penting sudah mendaftar ke email Kelana Rasa milik Mas Arie Parikesit. 

Peserta yang hadir diminta foto selfie dan mengunggahnya via twitter dengan mencantumkan tagar sesuai judul postingan ini. Selfie??? Siapa takuuuuttt..... :)  Selain diminta untuk selfie, para peserta juga diharapkan menginstal aplikasi Warisan Kuliner di gadget masing-masing. Event ini memang disponsori oleh Bango, merk kecap yang sudah familiar sekali dengan kita semua.

Blogger Gandjel Rel bersama @arieparikesit

Setelah kira-kira molor 1 jam dari jadwal semula (malam itu Semarang memang dilanda hujan deras hingga sebagian besar peserta terkendala macet & banjir di jalanan), acara pun dimulai. Mas Arie mengajak para peserta untuk melanglang dunia melalui aneka makanan dari berbagai negara. Cara membawakan materi pun santai sehingga peserta enjoy dan larut bersama pemateri. Aneka nama masakan dari manca negara pun silih berganti dijadikan bahan tebakan.

Arie Parikesit, founder Kelana Rasa
Tau nggak sobat GRes... ada yang menarik loh di sini. Saat diminta menebak berbagai macam nama masakan macam tom yum, kebab, nachos dan sebagainya, kami semua lancar loh menyebutkannya. Eh begitu Mas Arie mengganti slide dengan nama-nama masakan Indonesia, you know what happened? Pada bingung loh heheheee.... Hayooo.... kenapa justru kita lebih tau nama masakan luar negeri dibandingkan dengan masakan dari bumi sendiri?

Jadi pas sekali dengan misi ekspedisi warisan kuliner nih, Mas Arie mengajak para peserta untuk lebih mengapresiasi makanan lokal. Bukannya aneka makanan dan masakan kita jawara banget tuh di kancah internasional.

Sharing pengetahuan kuliner ini juga diselingi dengan berbagai kuis dan permainan yang menarik. Salah satunya adalah saat 2 orang Blogger GRes (Rahmi dan Uniek) ikutan maju ke depan untuk mengikuti games yang dilontarkan Mas Arie. Bersama 3 orang lainnya dari komunitas yang berbeda, kelima peserta ini diminta untuk memberikan review makanan yang disediakan oleh panitia. 

Di depan para peserta itu telah disediakan 5 piring tahu gimbal. Tau kan salah satu makanan favorit di Semarang ini? Tahu goreng, telur goreng dan gimbal yang disajikan bersama dengan sayuran macam kol dan kecambah, yang kemudian disiram kuah kacang. Nah, kelima peserta ini diminta mereview langsung saat itu juga. Akan dipilih pereview terbaik untuk memperebutkan..... tiket hanimun ke antartika ;) Aaahh... sekedar intermezo saja nih sobat GRes. Ternyata semua peserta mendapatkan hadiah voucher Sodexo senilai 250 ribu rupiah. Lumayan kan buat belanja :)

Blogger GRes bergaya ala ala chef ternama

Acara malam itu diakhiri dengan santap bersama. Berbagai menu telah disiapkan untuk dinikmati para peserta. Ada sup kacang merah, ayam saus lemon, ayam panggang kecap, sapo tahu, juga minuman segar dawet ayu. Hmmm... yummmyyy....

Terima kasih ya Mas Arie Parikesit dan Kelana Rasa-nya yang telah memberikan kesempatan pada kami untuk ikut serta dalam acara ini. Semoga ekspedisi warisan kulinernya sukses dan memberikan wacana yang berarti kepada khalayak tentang pentingnya mencintai kuliner negeri sendiri.

7 komentar:

  1. Asik yeee acaranyaaa...sayang ngga bisa ikutaan...

    BalasHapus
  2. Seru yaaa, idem sama makdew, pas gak bisa ikutan ^^

    BalasHapus
  3. eh sapo tahu juga makanan indonesia ya?

    BalasHapus
  4. Jadi keinget masih utang postingan ini padahal udh jadul bgt ya :p

    BalasHapus
  5. Ya ampuuun, saya kira hadiahe ke antartika beneran. wkwkkw

    Pertama ketemu mas ari tuh di asean blogger. Tambah subur saja beliau, ya. :)

    BalasHapus
  6. Hihihi, Mas Arie di antara emak-emak GR :)

    BalasHapus