Selasa, 26 Mei 2015

XL Future Leader Blogger Semarang Meet Up :)

Hai, GRes!

Maafkan, Kami baru bisa posting lagi, hehe.
Hari ini, Selasa (26/05) Gandjel Rel diundang datang ke acara XL Future Leaders Blogger Semarang Meet Up. Hosh, hosh, panjang ya judul acaranya? Hehe. Asyik kok, acara Meet Up aka Kopdar XL dengan Blogger Semarang ini. Santai kayak di Pantai. Nggak pakai ujian tertulis hihi. Acara diadakah di Restoran Pesta Keboen di Jalan Veteran No 29, Semarang. Selain Gandjel Rel, juga hadir Blogger dari Loenpia dan Dot Semarang. Seru kaan :)

Blogger Gandjel Rel yang unyu hehe

Setelah acara lunch yang yummi *puk puk perut gendut, acara pun dimulai. Kami dijelaskan secara singkat apa itu XL Future Leaders oleh Mbak Anita, Unit CSR Communication Service XL.

Hmm, Apa sih XL Future Leadership itu?
Yup, XL FL adalah sebuah program CSR dari perusahaan XL. 
Program CSR XL fokus pada dua bidang yaitu pendidikan dan pengembangan masyarakat. Karena XL merasa ikut bertanggung jawab pada kualitas pendidikan anak muda Indonesia. 

XL Blogger Semarang Meet Up

Program XL Future Leader yang sudah memasuki Batch ke-4 ini, ingin memperluas jangkauan pada mahasiswa di kawasan Indonesia Timur. Karena kesempatan untuk memperluas wawasan mahasiswa di kawasan Timur relatif lebih sedikit dibanding di Pulau Jawa. Mahasiswa di luar Pulau Jawa menyambut road show program ini dengan antusias lho. Seperti ketika di Pontianak yang datang 800 mahasiswa! 

Menurut Mas Pradipto, Era pasar Bebas sebentar lagi menjelang. Pemuda kita akan bersaing dengan tenaga kerja lain dalam mencari pekerjaan. Daya saing pemuda kita kuat tapi punya kelemahan di bidang soft skill seperti daya kreativitas dan kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi. Padahal, hal ini sangat dibutuhkan. 



Karena itulah, XL membuat Program XL Future Leader, yaitu pendidikan non formal yang mengajarkan soft skill dan leadership kepada para mahasiswa sebagai bekal mereka bersaing di Pasar Bebas. 

Sejak dimulai tahun 2012, setiap tahun sekitar 120 orang mahasiswa dididik di dalam program ini. Selama dua tahun, setiap hari Sabtu dan Minggu, mereka diterbangkan ke kota terdekat dari domisili mereka untuk ditempa oleh mentor berpengalaman. 

Targetnya, dalam 10 tahun XL berkomitmen mencetak 7500 future leader. 
Apakah bisa tercapai? Sedangkan setiap tahun program ini hanya menerima 120 orang mahasiswa? Yup, ternyata Program XL tidak hanya yang mendidik mahasiswa dalam Program Global Thinking Class 2 years soft skill tadi. 

Tapi, XL juga mempunyai program E-Curriculum Leadership Self Learning, program pembelajaran tentang kepemimpinan ini diadakan secara online dan gratis. Pesertanya tak hanya mahasiswa tapi siapa saja boleh ikut. Ada 7 modul dalam program ini dan peserta bebas bertanya pada mentor melalui e-mail. Blogger boleh ikut serta lho, Asyik ya!

Selain itu, ada pula Scholarship Camp yaitu program beasiswa khusus untuk mahasiswa yang tingkat ekonominya menengah ke bawah. Dan yang paling happening adalah BOD (Board of Directors) Challenge! 

BOD Challenge adalah program dimana 8 mahasiswa terpilih akan bekerja selama seminggu untuk menggantikan pekerjaan para dewan direksi XL, Sumpeh, loe? Iyaa..mereka akan miting, melakukan perjalanan bisnis, segala jenis tugas para direksi. Wow, what a experience!

Di acara ini pula, hadir Tedi, Mahasiswa Undip Jurusan Teknik Elektro 2011 yang telah mengikuti program Future Leader ini. Ketika mendaftar beasiswa ini, Tedi berpikir kok ada beasiswa tidak ada uangnya? Syaratnya pun hanya IPK 2.8, membuat esai sebanyak 500 kata. Tak disangka, ia mendapat banyak sekali pengalaman berharga.

 Tedi sedang menceritakan pengalamannya.

Beasiswa berupa uang, bisa dicari sendiri. Lulus nanti, bekerja, bakal dapat uang. Tapi pengalaman ikut program XL FL ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup. Pengalaman berharga untuknya. Ia benar-benar ditempa oleh para mentor. Ia yang tadinya tidak pede berbicara di depan umum, kini jadi hobi presentasi. 

Materi program ini sendiri selain belajar presentasi, mereka juga terbiasa belajar membuat proyek sendiri, dan bagaimana mencapainya bersama tim. Ia juga belajar bahwa sukses itu kerja tim. Sukses sendiri itu tidak asyik. Wow, keren ya. Tedi memang tampil pede sekali hari ini. Efek ditempa dua tahun yaa hehe.

Tertarik? Hari Rabu tanggal 27 Mei besok bakal ada Road Show XL Future Leader lho di Kampus Undip Tembalang. So, Don't miss it. Kamu bakal mendapat bekal gimana cara mendaftar sebagai peserta XL FL yang happening bingit ini. 

So, tunggu apalagi? Ayo, daftar! 
Acara siang hari itu ditutup dengan pemutaran iklan XL Future Leader yang mengharu biru. Ya, selalu ada peluang emas untuk seseorang yang ingin maju.

5 komentar:

  1. Iya banget, pemutaran film nya bikin speechles.
    Kenyang deh kemarin, junior, enggak human perut aja ya, tapi juga infonya yg keren. Moga Milzam bisa menjadi bagian XL Future leaders tahun depan, prepare duluuu :D

    BalasHapus
  2. Woww...layak utk dishare nih biar banyak yg ikutan XL FL. Good job, GRes.

    BalasHapus
  3. Keren bingits nih programnyaa, andai aku masih mahasiswaaa :D

    BalasHapus
  4. Wow, laporannya lengkap bingits plus programnya kece ya, sayang udah mantan mahasiswa :)

    BalasHapus