Senin, 05 Oktober 2015

Tips Agar Blog Ramai Pengunjung :)

Dear GRes,

Beberapa waktu lalu, Gandjel Rel, blogger perempuan Semarang dan IIDN Semarang buka stan di di acara Komunitas untuk meramaikan Festival & Networking Night Future Leader Summit Semarang 2015.

stand Gandjel Rel dan IIDN Semarang
Nah, disana kami menerima banyak pertanyaan seputar blog dan penulisan. Sesuai janji kami, jawabannya ditulis lewat postingan blog ya. Semoga jawaban kami bisa memuaskan kalian dan kalian bisa tidur nyenyak lagi di malam hari #eh. 

Pertanyaan ini datang dari Dea, ID Twitternya @dearatihd, ia penasaran gimana sih mengumpulkan pembaca di blog kita? Hm, maksudnya mungkin gimana biar tiap hari blog kita kebanjiran visitor dan komentator ya, Dea?

Agar blog kita ramai pengunjung dan komentarnya juga banyak, berikut tips yang Mimin dapat dari blogger inspirator Mimin Mbak Indah Juli di www.indahjulianti.com. Untuk lengkapnya, GRes bisa baca liputan Mimin saat Mbak Indjul datang ke Semarang berbagi ilmu di acara Blogging With Heart.

Mbak Indah Juli our inspiration blogger
Fyi, Mimin juga masih terus berusaha mempraktekkan tips ini. Yuk, kita berusaha sama-sama ya, GRes!

1. Rutin posting blog

Biar blog kamu rame dan banyak pengunjungnya, rutinlah menulis di blog. 
Mimin punya jadwal menulis di blog tiga kali seminggu. Selain Alexa dan DA blogmu jadi bagus, pembaca setia akan berkunjung ke blogmu. Kalau jarang apdet, ada visitor main ke blogmu eh blogmu masih postingan dua bulan lalu. Biasanya mereka jadi malas untuk balik lagi.

2. Rajin Blogwalking

Ada sahabat blogger mengeluh, blognya sepi komentator. Setelah diajak untuk rajin Blogwalking (BW) minimal 10 blog sehari dan berkomentar di postingan blogger saat blogwalking, berangsur blognya ramai pengunjung dan komentator. Kalau Mimin sih tiap hari punya jadwal BW ke blogger yang sudah main ke blog mimin dan blogger yang belum pernah ke blog mimin 10 blog per hari. Alhamdulillah, hasilnya menggembirakan. Blog jadi ramai dan jadi nambah teman dan saudara baru.

3. Bikin Giveaway

Ingin blog ramai? Bisa tuh bikin lomba blog atau GA di blogmu. Jangan lupa woro-woro di grup blogger atau akun sosmedmu kalau ada GA. Kamu bisa cari sponsor atau mengeluarkan dana dari kocekmu. Hadiahnya semampu kamu saja. Yang penting hepi untuk berbagi.

4. Ikut Lomba Blog

Yup, ternyata rajin ikut lomba blog juga bikin visitor blogmu meningkat lho.
Iyaa, biasanya para kompetitiot lomba, alias peserta lomba yang sama bakal bertandang ke blog peserta lain, mungkin penasaran, mungkin ingin mengukur seberapa kuat kamu #halah hihihi. Apapun alasannya, yang penting blog kamu ramai, bukan?

5. Bikin Judul Kontroversial

Nah, ini juga masih pro dan kontra. Ada beberapa blogger yang suka menulis judul bombastis demi menarik perhatian netter untuk mengklik link blog yangk ita share di sosmed. Media online juga banyak memakai trik serupa. Judul bombastis, tahunya isinya apa hehe. Boleh saja kalian pakai cara ini. Asal isi tulisan kalian memang nyambung ya dengan judul bombastis yang kalian bikin. Nggak tipu-tipu hihi.

6. Blogging With Heart

Ini mengena banget. Blogging with heart, money will follow. 
Menulis dan berbagilah di blog dengan sepenuh hati. Maka rejeki, visitor blog dan follower akan bertambah hehe. Banyak contoh blogger yang sukses dengan jargon ini. Intip saja blog Mbak Shinta Ries, Mbak Katerina, Mbak Donna Imelda, Mbak Ani Berta dan Mbak Haya Aliya Zaki. Mereka berbagi tanpa pamrih dan kesuksesan menjadi milik mereka. So, GRes, teruslah ngeblog pakai hati ya...





9 komentar:

  1. Sip, terus praktekkan tips ini ya Min :)

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat banget, butuh belajar tips yang begini hihi :D Trimakasih sharenya min :)

    BalasHapus
  3. Siap praktekin ini...*lagi stress liat rank jumpalitan...hiks

    BalasHapus
  4. wah...memang bener mbak yg terakhir tu blogging with heart...yang nomer satu tu aku belum konsisten he..he

    BalasHapus
  5. Harus dicoba nih tips nya :-)
    Bermanfaat bgt untuk yg lagi belajar seperti aku hehe

    BalasHapus
  6. saatnya mencoba dan praktek... makasi mba dewi buat sharenya :)

    BalasHapus
  7. makasih buat sharingnya mbak-mbak gandjel rel yang caem,, lagi belajar praktek untuk BW 10 blog sehari,, ternyata nggak gampang. hahaha

    BalasHapus
  8. wah, mantap min tipsnya. Siap laksanakan!

    BalasHapus
  9. nah ini nih setuju...tips jitu yang pernah saya rasakan....salah satunya yang nomor 3...setuju banget...meskipun masih blog bener2 baru waktu ikutan lomba langsung ramai....padalan cuma ikut belum lagi kalau jadi pemenangnya..pasti bakalan lebih ramai :D
    salam kenal semuanya :)

    BalasHapus