Minggu, 08 November 2015

Tips Sukses Mengisi Pelatihan Menulis :)

Dear GRes, 

Apa kabar? Masih getol merekam hari-hari dan berbagi via blog?
Alhamdulillah, Hari Jumat (06/11), Gandjel Rel dan IIDN Semarang kembali mengadakan Kopdar bulanan. Kali ini bertempat di Tea Hiuse Tong Ji di Java Mall, Semarang.

Gandjel Rel blogger perempuan semarang
Kopdar IIDN Semarang dan Gandjel Rel

Ya, acaranya memang dadakan tapi tidak mengurangi kegembiraan berkumpul para blogger dan penulis kece ini, hehe. Berkumpul dengan sahabat yang punya hobi sama merupakan sumber ide yang tak pernah padam #halah. 

Kali ini, kami sharing tentang kiat-kiat jitu memberi pelatihan menulis terutama jika pesertanya adalah anak sekolah. Turut berbagi adalah Mbak Dian Nafi, penulis senior yang sudah diundang kemana-mana untuk berbagi ilmu lewat workshop menulis, ada juga Mbak Wati dan Winda Oetomo yang menceritakan pengalamannya mengajar anak SMP dan SMA menulis cerita pendek. 

Menurut mereka, sebelum berbagi lewat pelatihan menulis, mempersiapkan alat-alat penunjang seperti makalah dan alat tulis, dan tentu saja mental untuk cuap-cuap di depan umum, hehe. Jangan lupa istirahat dan makan cukup biar fit. Jangan minum dingin atau makan gorengan, hehe kan suara yang jelas modal kita tampil? Hihihi ntar menyaingi Isyana atau Raissa niih...

Saat tampil, Tidak perlu tegang. Cobalah untuk rileks dan berusaha mencairkan suasana dengan guyonan ata joke-joke ringan. Ingat, bahwa apa yang kita sharing ini adalah pengalaman kita sehari-hari, yaitu menulis. Hal yang menjadi passion kita. Tidak perlu demam panggung hehe, kan kita sudah menguasai bidang ini bukan? :)

Ajak peserta workshop agar santai dan libatkan mereka dalam proses sharing ilmu. Misalnya dengan bertanya pada peserta, membiarkan mereka bertanya, ajak mereka curhat, membaca cerpen sebagai contoh dan tentu saja, ajak mereka menulis tema yang kira-kra mereka kuasai. Jika suasana cair, maka akan lebih mudah mentransfer ilmu yang ingin kita bagi. Beri semangat peserta untuk berani menuangkan pemikiran mereka. Nggak usah takut salah atau hasilnya jelek. Namanya saja belajar :)

Wah, sharing ketiga member Gandjel Rel, blogger perempuan Semarang ini, menarik ya GRes. 
Bakal bermanfaat nih karena program Gandjel Rel dan IIDN Semarang saat ini adalah sharing dan memberikan pelatihan menulis bagi komunitas, anak sekolah dan masyarakat umum di Semarang dan sekitarnya. Pengalaman berbagi ilmu menulis cerpen juga bisa GRes baca di liputan member Gandjel Rel berikut ini: Bersenang-senang Menulis Cerpen di MAN 2 Kudus

Alhamdulillah, Kopdar November berlangsung akrab, penuh tawa, dan dapat ilmu baru nih. Inshaa Allah, dua komunitas unyu ini bakal piknik mengunjungi penerbit-penerbit keren di Yogya. Semoga bisa terlaksanan ya, doakan kami!
Bukan blogger namanya kalau nggak sekalian meliput acara atau cari bahan tulisan, hihi. Di lantai dasar Java Mall ada pameran pariwisata dan kerajinan seru dan diliput oleh member GRes, Mbak Hidayah Sulistyowati disini. Monggo mampir ya, GRes!

Jadi, tunggu apa lagi?
Yuk gabung Gandjel Rel segera ya, GRes untuk dapat ilmu-ilmu baru hehe!

3 komentar:

  1. Berbagi itu asik, anggap aja begitu ya mbak, hehee
    Monggo dolan ke rumah maya saya yg udah dipromosikan mba Dew yg baik ati dan suka berbagi curhat nulis, teman-teman :)
    Mba Dew, terharu aku baca rumahku ditulis, makasiih

    BalasHapus
  2. Berbagi itu asik, anggap aja begitu ya mbak, hehee
    Monggo dolan ke rumah maya saya yg udah dipromosikan mba Dew yg baik ati dan suka berbagi curhat nulis, teman-teman :)
    Mba Dew, terharu aku baca rumahku ditulis, makasiih

    BalasHapus