Monday, October 10, 2016

Penutupan Pekan Batik Nusantara 2016

Oleh: Nyi Penengah

Penutupan Pekan Batik Nusantara di tahun genap 2016, berlangsung pada Minggu, 9 Oktober di depan Museum Batik. Penutupan pekan batik tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yang juga mendapat guyuran hujan. Namun para tamu undangan tetap menghadiri acara, meskipun waktu yang harusnya dimulai pukul 19.00 WIB, jadi molor pukul 20.45 setelah hadirnya bapak Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Hanif Dhakiri.


Satu persatu acara dimulai, dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa dan sambutan-sambutan dari para pejabat yang hadir. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kali ini berhalangan hadir namun telah diwakilkan. Artis senior kawakan Pong Harjatmo turut hadir di lokasi, ia pun sedang melakukan pembuatan film dokumenter. Hujan masih terus mengguyur, dan pada puncak acara penutupan Theatrikal Batik on The Street 'Boklet dalam Kenangan' menghipnotis para tamu undangan.

Acara diakhiri dengan salam-salaman semua peserta Theatrikal Batik on The Street, yang dimainkan oleh ratusan pemain kesenian dari Pekalongan. Dari anak teater, penari, modern dance, skater, komunitas sepeda pun ada cosplayer robot transformers. Mereka bersatu memeriahkan Penutupan Pekan Batik Nusantara 2016.

Jayalah batik Nusantara, jayalah batik Indonesia!






3 comments: