Minggu, 10 September 2017

Bagaimana Menjadi Copywriter?

Oleh: Hidayah Sulistyowati

Sabtu pagi tanggal 9 September 2017, komunitas Gandjel Rel kopdar seru. Selama ini kami numpang kopdar dalam acara ultah brand, atau launching produk. Akhirnya karena pengen ngumpul plus bisa nambah wawasan baru, founder Gandjel Rel mencetuskan ide acara hari ini. Ceritanya kami akan belajar tentang CopyWriting. Lokasi acara kopdar kali ini ada di Biznet. Letaknya ada di jalan Pandanaran no. 2-6, Kav. 8, Ruko Pandanaran, Pekunden, Semarang.

Kopdar blogger Gandjel Rel kali ini dipandu oleh MC Ira Sulistiana. Sesi sharing pertama dari Biznet oleh Mas Reza, yang mengenalkan tentang layanan internet terbaik untuk rumah tangga hingga UKM, dan perusahaan. Berikutnya ada sambutan dari salah seorang founder Gandjel Rel diwakili oleh Uniek Kaswarganti. Menurut mba Uniek, acara pagi ini diadakan karena Gandjel Rel lama banget nggak ngadain kopdar ‘murni’. Maksudnya kopdar yang diadakan oleh founder Gandjel Rel untuk membernya. Bukan numpang kopdar saat launching produk salah satu brand.

Wuri Nugraeni, salah seorang founder Gandjel Rel yang menjadi narasumber. Wuri sejak Maret 2014 menjadi Copywriter di Indscript Creative. Latar belakang pekerjaannya dulu sebagai reporter, dan telah menerbitkan buku juga. Hampir tiap hari Wuri selalu menuliskan status tentang bukunya. Kepiawaian Wuri saat nulis status dengan memberikan nilai keunggulan bagi pembaca status di linimasa FB. Dan itu juga yang dicermati oleh owner Indscript Creative dengan menawarkan job sebagai Copywriter.

Nah, gimana sih deskripsi pekerjaan seorang Copywriter? Apa saja yang mesti dimiliki oleh seorang Copywriter agar dilirik oleh seorang klien?

CopyWriting adalah menuliskan naskah iklan yang tujuannya agar pembaca tertarik membeli produk. Tulisannya harus soft selling dan menjadi salah satu dari bagian marketing. Khususnya marketing online.

Mengapa CopyWriter dibutuhkan?

Kalian pasti pernah buka website perusahaan kan? Di sana biasanya ada artikel yang berisi testimoni, product knowledge, atau pengalaman konsumen. Biasanya tulisan itu dibikin oleh seorang CopyWriter. Tujuannya adalah menuliskan artikel yang soft selling agar bisa menarik minat target market perusahaan.

Menjadi CopyWriter bisa memperoleh penghasilan yang lumayan. Agar bisa mendapatkan order sebagai CopyWriter, tentunya harus konsisten mengkampanyekan tulisan di media sosial. Atau bisa menjadi CopyWriter bagi bisnis teman. Selain itu, kalian bisa ikut pelatihan menulis CopyWriting. Masuk dalam komunitas penulis, ikut kelas menulis, atau belajar dari beberapa buku tentang CopyWriting.

Setelah sharing oleh Wuri, dilanjutkan dengan praktek nulis CopyWriting. Produknya bebas, boleh branding produk barang atau jasa. Naskah CopyWriting terbaik akan mendapatkan kain batik dari Wuri. Asik banget nih, bikin semangat nulis yang apik dan cetar.


Setelah dua puluh menit semua peserta membacakan naskah branding. Daaan, Wuri menetapkan Arina sebagai CopyWriter terbaik. Sementara Ira Sulistiana menempati posisi kedua terbaik. Selamat yaaa, moga setelah pelatihan ini bisa dapat job sebagai CopyWriter.


Kopdar Gandjel Rel selalu menyenangkan. Terutama karena banyak jajanan yang tersaji. Ya, kami memilih potluck. Jadi tiap orang bawa jajanan dan dinikmati bersama. Kopdar juga selalu menjanjikan keseruan karena bisa menikmati waktu bersama. Terima kasih pada Wuri yang telah berbagi materi hari ini. Semoga makin sukses sebagai CopyWriter. Terima kasih juga pada founder Gandjel Rel yang telah mengadakan kopdar bergizi kali ini. Sukses ya untuk Gandjel Rel dan membernya. Sampai jumpa pada kopdar berikutnya.


8 komentar:

  1. Senang sekali bisa dapet ilmu copywriting bareng GRes 😍

    BalasHapus
  2. Sabtu yang menyenangkan ya mbak, bisa belajar bareng :)

    BalasHapus
  3. Mau lg dong diadakan.
    Blogger Gandjel Rel mmg komunitas yg kaya ilmu .

    BalasHapus
  4. Serunyaaa, keep inspiring, Gandjel Rel!

    BalasHapus
  5. Seru banget, semoga next kopdar bisa ikutan 😊

    BalasHapus
  6. Nyesel banget ga bisa datang hari Sabtu kemarin, apa daya diare menimpaku

    BalasHapus
  7. Seru bgt acaranya.. nyesel nih g jadi dateng pas Sabtu kemaren :(

    BalasHapus
  8. Huks ga bisa ikutan kemariiin. Semoga ada lagi acara keren kayak gini

    BalasHapus