Sabtu, 18 November 2017

Internet Sehat Menurut Blogger Perempuan Semarang, Gandjel Rel

Dear GRes, Apa kabar kalian di Bulan November? Semoga selalu sehat dan happy, ya. Kali ini Mimin Gandjel Rel ingin membagikan artikel tentang internet sehat yang ditulis teman-teman GRes bulan ini.

Ya, sebagai perempuan blogger, kita tentu erat sekali bersentuhan dengan dunia internet. Kita menulis di blog, posting status, foto dan share link di berbagai akun media sosial. Nah, kita tentu paham betul apa itu internet sehat, bukan?



Saat ini, era internet. Di mana semua orang bebas berkomentar, bebas berpendapat tentang segala hal. Tapi, ingat bebas bukan berarti bablas. Mentang-mentang kita di internet atau dunia maya lalu kita merasa bebas untuk melakukan apa saja termasuk mengolok-olok orang, membully, membagikan konten hoax dan lainnya. Hello, situ sehat? Hehe.

Berinternet walaupun sering dibilang dunia maya, ada etikanya. Jangan sampai karena status kita di Facebook, membuat orang tersinggung dan melaporkan kita ke polisi. Duerr! Kalau sudah begitu, apa benar namanya dunia maya? Lah berimbas langsung pada kehidupan kita sehari-hari kok!

So, saat online ingatlah etika berhubungan di dunia maya. Diantaranya, tetap memperlakukan lawan bicara dengan sopan, saring before sharing, apa lagi ya?


Nah, untuk #ArisanBlogGandjelRel putaran ini memberikan tema Internet Sehat untuk ditulis. Apa saja berinternet sehat menurut teman-teman GRes? Tiap blogger tentu memiliki definisi tersendiri untuk berinternet sehat.

Tapi, rata-rata setuju untuk membatasi waktu untuk online setiap hari, serta saring informasi sebelum sharing. Jadi, GRes termasuk perempuan melek teknologi dan informasi yang sudah bisa memilah berita mana yang patut dishare atau dhapus, ya? Keren! 

Yuk, para perempuan cerdas, berinternet dengan sehat, berbagi informasi dengan cerdas, jangan mudah membully orang di Lambe Turah haha dan jangan mudah termakan berita Hoax, oke? Kita intip artikel internet sehat dari teman-teman blogger perempuan Semarang Gandjel Rel, yuk!

1. Vita Puspitasari
Berinternet Baik Bisa Menghasilkan

2. Sri Untari
Tips Berinternet Sehat dan Aman

4. Dian Nafi
Tips Internet Sehat

6. Wahyu Widyaningrum
10 Tips Berinternet Sehat

9. Dewi Rieka
10 Etika Bersosial Media

10.Mechta Deera
Bijak Berinternet

16. Uniek Kaswarganti
Saat Si Kecil Gatel Ngeblog

17. Winda Oetomo
Internet Sehat Jadi Manfaat

18. Hidayah Sulityowati
Manfaat Internet

19. Rahma
Berinternet Sehat

20. Nia Nurdiansyah
Tips Berinternet Sehat 

3 komentar:

  1. Jarimu harimaumu. Hehe. Tahan komen tahan share berita belum jelas. :)

    BalasHapus
  2. Mari kita berinternet yang sehat dan bijak dan positif always 😊

    BalasHapus
  3. Harus lebih bijak menggunakan internet ya mb 😊

    BalasHapus