Kamis, 01 Februari 2018

Kreatif Bersama Faber-Castell


Mari Jadi Orang Kreatif 

“Creativity is Intelligence Having Fun.” (Albert Einstein)

Kesuksesan seseorang di zaman sekarang ini, tidak hanya ditentukan oleh faktor akademis. Di abad ke-21 ini, seseorang dituntut lebih dari sekedar kemampuan Learning and Thinking Skill, melainkan juga Life Skill. Mengembangkan kemampuan Life Skill ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan otak kanan.

Riset yang dilakukan oleh IBM dengan melakukan wawancara dengan lebih dari 1500 orang Pemimpin Perusahaan dan CEO dari 60 negara dari 33 sektor industri menemukan bahwa tantangan untuk menjadi sukses adalah memiliki kreativitas.

Lalu bagaimana caranya kita menumbuhkan kreativitas? Bagaimana jika kita tidak terlahir dalam keluarga seniman atau merasa tidak berbakat dalam dunia seni?



Ternyata kita dapat mendorong diri kita sendiri untuk menjadi orang yang kreatif. Salah satunya dengan mendekatkan diri dan melakukan kegiatan-kegiatan seni. Jiwa yang kreatif selalu dapat ditumbuhkan di semua orang, tanpa melihat usia.

Hari Rabu, 31 Januari 2018, bertempat di Nestcology, dalam suasana hangat dan nyaman, kepada awak media dan Gandjel Rel, Andri Kurniawan, Public Relations Manager dan tim dari PT Faber-Castell International Indonesia menyampaikan kepedulian Faber-Castell dalam menumbuhkan kreativitas di Indonesia.

Kreativitas Untuk Semua 

Faber Castell, yang sudah mengembangkan pensil sejak abad ke-16, telah banyak menginspirasi dan menjadi bagian dalam sejarah seni di dunia. Sebagai produsen alat tulis tertua dan terbesar di dunia, Faber-Castell berkomitmen terus mendorong generasi kreatif di Indonesia.


Hal ini terbukti bahwa sejak tahun 2000, Faber-Castell menghadirkan beragam kegiatan dan program terkait dengan kegiatan berkesenian dan kreativitas. Selain workshop tentang kreativitas untuk para guru, salah satu kegiatan yang menjadi backbone atau tulang punggung Faber-Castell adalah kegiatan Lomba Menggambar dan Mewarnai.

Banyak penelitian menyatakan bahwa menggambar dan mewarnai memiliki banyak manfaat bagi pikiran dan jiwa seseorang. Menggambar juga ternyata menumbuhkan kebahagiaan, memperbaiki kualitas kehidupan, dan mendorong kemampuan verbal dan ingatan (Beard, 2001).

Faber-Castell mendorong kegiatan menggambar dan mewarnai ini tidak hanya untuk anak-anak, atau usia dini, tetapi juga untuk remaja, dan dewasa, dalam tingkatan keluarga. Untuk aktivitas keluarga, Faber-Castell mengadakan kegiatan “Connectorpenchallenge” yaitu sebuah kegiatan yang mendorong anak-anak untuk membuat bentuk kerajinan bersama keluarga.

Selain bermanfaat untuk mendorong jiwa kreativitas pada seluruh anggota keluarga, Faber-Castell ingin menghadirkan suasana kebersamaan, mendorong munculnya “quality time” untuk seluruh keluarga. Salah satu tujuannya adalah mengurangi penggunaan perangkat elektronik, khususnya pada anak-anak, yang menjadi salah satu permasalahan umum sekarang ini.

Selain menggambar, Faber-Castell juga peduli pada dunia tulis menulis, melalui perlombaan menulis cerpen. Ribuan karya mengikuti perlombaan ini dan seluruh karya pemenang telah hadir secara nyata dalam bentuk buku yang diterbitkan secara nasional.

Aneka Produk Faber-Castell 

Semua misi untuk menumbuhkan kreativitas ini didukung oleh aneka produk dari Faber-Castell yang menjangkau seluruh usia. Selain pensil, dan pensil warna, produk Faber-Castell yang kini sangat diminati adalah Connector Pen, pena berwarna-warni dengan tutup yang dapat disambung-sambung dan dapat menciptakan bentuk artisitik.

Faber-Castell juga terus mendukung para pelajar Indonesia melalui produk-produk alat tulis untuk sehari-hari, seperti pena, penghapus, dan correction tape. Untuk keperluan bisnis, ada produk premium yaitu Neo-Slim, pena dengan desain minimalis, elegan dan argonomis yang sangat cocok bagi orang asia. Desainnya ramping dikerjakan secara cermat, dengan pemilihan bahan premium termasuk baja stainless yang dipoles dengan sempurna.

Untuk anak-anak Faber-Castell menghadirkan paket Mazig Art yang berisi 10 connector pens, 3 magic cards, dan 1 frame. Dengan paket ini anak-anak dapat membuat sendiri “kartu ajaibnya” dengan cara mewarnai kartu. Selain itu ada juga Colour-By Number 3D Art, produk terbaru Faber-Castell yang memadukan kegiatan mewarnai dan penggunaan kacamata tiga dimensi.

Untuk kalangan remaja dan dewasa, ada paket cantik “Colouring for Relaxation” yang berisi 50 halaman buku mewarnai dan dilengkapi dengan 60 warna connector pens. Undangan siang itu di Nestcology juga sempat merasakan sensasi mewarnai dengan connector pens ini. Rasanya sangat menyenangkan, dan memang bikin rileks.

Masih banyak lini produk Faber-Castell yang bisa didapatkan di berbagai toko di seluruh Indonesia. Semua produk yang dihadirkan Faber-Castell untuk mendukung kita dalam meningkatkan kreativitas.



Faber-Castell di Semarang 


Khususnya di Semarang, dalam satu tahun ke depan Faber-Castell akan membangun sebuah pabrik, tepatnya warehouse di Kawasan Industri Candi. Dengan demikian Faber-Castell dapat menjadi semakin dekat, khususnya untuk masyarakat Semarang dan sekitarnya. Faber-Castell membuka kesempatan bagi masyarakat, baik sekolah, maupun komunitas untuk menggandeng Faber-Castell dalam aneka kegiatan kreatif.


Faber-Castell secara berkelanjutan telah mendukung kegiatan lomba mewarnai dan menggambar, sampai workshop menghias mug, kaos, sampai helm. Aneka kegiatan kreatif untuk semua orang. Seperti slogannya: ART FOR ALL.

Sudah siap untuk lebih kreatif?



4 komentar:

  1. Asyiknyaa..mewarnai cocok buat relaksasi yaa..

    BalasHapus
  2. Seru yaa belajar mewarnai lagiii hihii

    BalasHapus
  3. wah asyik tuh mewarnai bareng bareng.. kalau lagi ada kegiatan mewarnai di sekolah aku pasti ikutan bareng mewarnai sama anak TK. seru....

    BalasHapus