Sunday, July 26, 2020

Makanan Tradisional Khas Jawa Tengah Yang Tak Terlupakan

Halo GRes,

Masih ingat dengan arisan blog Gandjel Rel? Putaran arisan kali ini punya tema yang cukup menarik lho yaitu Makanan Tradisional Favorit di Daerahmu yang tidak boleh hilang. Tema ini dibuat oleh duo blogger kece Mbak Archa Bella dan Tirami. 


Makanan Tradisional Khas Semarang

Makanan tradisional Semarang khususnya dan Jawa Tengah umumnya sangat beragam lho. Setiap daerah memiliki makanan tradisional masing-masing yang membuat GRes selalu merindukan kampung halaman. 


Makanan tradisional Semarang misalnya Ganjel Rel, Tahu Gimbal, Lumpia Semarang, hingga Wingko Babat. Bergeser sedikit di Kabupaten Semarang ada Tahu Baxo, Tumpi hingga Torakur. Bayangkan, jika GRes menjelajahi semua di daerah Jawa Tengah. Seru sekali kulinernya yang beragam dan enaaak! 


Kuliner tradisional Jateng yang beragam inilah yang mengilhami bukuku Petualangan Rumi yang mengisahkan sebuah keluarga bertualang naik mobil van merah dan mencicipi kuliner Jateng dan Jatim. Menuliskan ceritanya saja seru! 


Agar kalian bisa mengenal lebih dekat makanan tradisional khas Semarang juga Jawa Tengah, yuk intip beberapa tulisan teman-teman anggota blogger Gandjel Rel ini ya! 


  1. Uniek Kaswarganti

Gembrot, Makanan Jadul Khas Semarang yang Tak Boleh Dilupakan


  1. Muna Sungkar

Meluruskan Sejarah Wingko Babat


  1. Anjar Sundari

Mi Kopyok dan Serabi, Makanan Tradisional Yang Masih Bertahan


  1. Norma Keisya

10 Kuliner Ndeso Wonogiri yang Ngangenin


  1. Sari Effendi 

5 Kuliner Tradisional Khas Salatiga


  1. Diyanika

Berburu Iwak Manuk 


  1. Arina Mabruroh

Menu Nasi Megono dan Tempe Kemul yang Lezat


  1. Irfa Hudaya

Jemunak dan Blendrang, Makanan Khas Muntilan  


Nah, menarik dan unik kan ya makanan tradisional khas Jawa Tengah yang dibahas teman-teman blogger Semarang di blognya! Kalian sudah mencoba makanan yang mana saja? Apa makanan tradisional favoritmu, GRes? Jangan lupa berbagi di kolom komentar ya!  

4 comments:

  1. Penasaran Jemunak, belum pernah nyoba dan bentuknya kayak gimana

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak jenisnya ya kuliner Jateng..banyak yang belum dicobain..

    ReplyDelete
  3. Blendrang terepic sama Lenteng baru denger ini padahal asli Jawa dan Muntilan kan masih Jawa tengah tapi belum pernah makan, hehe

    ReplyDelete
  4. Mb, yang di foto itu isinya apa?

    ReplyDelete