Selasa, 26 Juli 2022

Kopdar Ngetik Perdana

Oleh: Dini

Setelah beberapa waktu vakum, akhirnya Kopdar Ngetik Komunitas Gandjel Rel terlaksana juga. Bulan ini jadi Kopdar Ngetik perdana. Tepatnya kemarin Sabtu, 23 Juli 2022, di House of Fosil 22 yang ternyata punyanya salah satu GRes, Mbak Erina. Tempatnya nyaman dan enak banget buat kumpul-kumpul (Duh, malah jadi ngepromosiin tempatnya. Bayar!)

Satu per satu GRes mulai berdatangan sejak pukul 9 pagi. Mbak-mbak GRes bawa jajanan yang nantinya bakal dimakan sama-sama. Ceritanya tukeran jajanan, nih.

Acara pun dimulai. Selaku Ketua Suku (eh!), Mbak Rahmi membuka acara Kopdar Ngetik perdana ini. Langsung dilanjut dengan sharing yang kali ini mengusung tema “Bagaimana caranya menulis cerbung di platform online?”. Fix, temanya cocok banget sama sebagian GRes baru yang masih pemula ini.

Mbak Rahmi yang memang sudah berpengalaman nulis cerbung di beberapa platform online, memberikan tips yang mudah dimengerti. Salah satu tips itu adalah melihat segmen pembaca platform tersebut. Contohnya gini, cerita tentang rumah tangga itu lebih cocok masuk ke KBM, sedangkan cerita teenlit atau chicklit lebih cocok ke Wattpad.     

Pertanyaan mulai bermunculan di sela-sela sharing. Langsung nulis atau belajar dulu, Mbak?

Tulis dulu sambil belajar. Tulis semua ceritanya, jangan terlalu merisaukan per-editan. Baru nulis 1 halaman, tapi ngeditnya kelamaan. Takutnya, ide cerita keburu melayang. Yang penting paham dasar-dasar menulis biar tulisan nggak berantakan.

Nah, biar inspirasi menulis lancar, banyak-banyaklah membaca, minimal dari salah satu penulis favorit kita. Pelajari cerita dan gaya bahasanya.

Acara pun ditutup oleh Mbak Rahmi setelah terdengar azan dhuhur. Sebelum cipika-cipiki sebagai salam perpisahan, mbak-mbak GRes segera berbagi jajanan untuk bekal pulang. Kebiasaan emak-emak ini, ya. Haha.

Semoga Kopdar Ngetik selanjutnya segera dijadwalkan dan menghasilkan suatu karya yang bermanfaat. Aamiin.


3 komentar:

  1. Semoga yang ingin berkarya di platform online dimudahkan jalannya dan sukses selalu. Happy banget bisa ketemuan dengan mbak2 GRes semua. ❤️

    BalasHapus
  2. Matur nuwun sharingnya mbak-mbak Gres.

    BalasHapus
  3. wah seru banget :D sukses selalu untuk kalian yaa

    BalasHapus