Kamis, 22 Desember 2022

Blogger Gandjel Rel Nonton Bareng Film Tegar di Hari Ibu

Komunitas blogger Gandjel Rel mendapat kesempatan nonton bareng film Tegar yang diadakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Semarang. Selain Gandjel Rel, ada juga teman-teman driver ojek online dari Gojek, Shopee food dan Grab. Hadir pula komunitas Sahabat difabel Semarang, adik adik siswa SMA, mahasiswa dan UMKM.




Diadakan di XXI Transmart Semarang, pada hari Kamis 22 Desember 2022 ini dihadiri oleh lebih dari 200 penonton. Selain Semarang, serentak diadakan di 10 kota besar lainnya. Nonton barang Tegar bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang juga dihadiri oleh ibu Diah Suwasti Assisten Deputy Wilayah Bidang Kepersertaan Kanwil Jateng-Diy, Kepala kantor cabang pemuda Bapak Multanti dan Kabid kepersertaan Bapak Unggul Syaflan.

Ibu Diah Suwasti dalam kesempatan ini memberikan beberapa penjelasan tentang pentingnya ikut dalam program BPJS ketenagakerjaan karena akan mendapatkan Jaminan kehilangan pekerjaan, jaminan Pensiun, jaminan Kematian dan jaminan kecelakaan kerja. Cukup membayar iuran sebesar 18.600 rupiah/bulan sudah mendapatkan berbagai manfaat perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga.



Film Tegar yang diproduksi oleh Aksa Bumi Langit ini menampilkan tokoh senior Dedi Mizwar yang sebagai Kakek Tegar yang sangat menyayangi cucu semata wayangnya itu dengan sepenuh hati. Sang Kakek yang merupakan pengusaha sukses itu bahkan mengenalkan Tegar ke rekan-rekan kerjanya bahkan akan menyerahkan urusan perusahaan kelak saat Tegar telah dewasa, walaupun kondisi Tegar berbeda dengan kondisi anak-anak pada umumnya. Saat usia Tegar 10 tahun dia ingin sekolah. Sang Kakek berniat mengabulkan permohonan cucu kesayangannya namun sang Ibu bersikeras tidak mengijinkan putranya dilihat oleh orang banyak. Takut mereka akan menghina dan berniat jahat pada Tegar.

Tegar merupakan anak berkebutuhan khusus yang tidak memiliki kedua tangan, dan salah satu kakinya tidak tumbuh sempurna saat dilahirkan. Selama sepuluh tahun sang Kakek selalu menemani dan mengajarkan banyak hal karena sang Ibu masih memendam kekecewaan dan tidak memperbolehkan Tegar mengenal dunia luar.

Sang Ibu yang bernama Wida (Sha Ine Febriyanti) terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan karena Ayah Tegar pergi meninggalkan keluarga ketika tahu Tegar lahir tidak sempurna. Tegar sendiri diperankan oleh M. Aldifi Tegarajasa, anak istimewa yang berbakat dan mampu membuat sebagian besar penonton meneteskan air mata bahkan sejak film ini dimulai.

Petualangan Tegar yang mengharukan dimulai saat sang Ibu pergi keluar kota selama seminggu dan teh Isy, pengasuhnya harus pulang kampung karena mamanya sakit keras. Tegar merasa ditinggalkan seorang diri dan tidak ada yang menyayanginya di rumah itu lagi. Dia kabur dari rumah dan bertemu dengan Pak Akbar, yang ternyata memiliki keistimewaan seperti dirinya. Pak Akbar dewasa berkebutuhan khusus yang memiliki putra bernama Imam , sebaya dengan Tegar. Di rumah Pak Imam inilah Tegar seperti menemukan keluarga baru yang hangat dan mengerti akan keinginannya.


Anak-anak berkebutuhan khusus sebenarnya mereka tidak butuh dikasihani atau dipandang sebelah mata, mereka hanya butuh untuk dipahami. Film ini memang pas sekali diputar bertepatan dengan hari ibu karena ada pesan cinta juga yang ingin disampaikan bahwa Ibu yang menerima apapun kondisi anaknya mampu membuat sang anak berani menghadapi kesulitan apapun.


Liburan masih sampai tanggal 2 Januari 2023 nanti. Nonton bareng film Tegar bersama keluarga yuk, selain bisa mengisi waktu liburan berkualitas bersama keluarga juga dapat mengambil pelajaran bahwa teman-teman berkebutuhan khusus walaupun ada kekurangan pada salah satu anggota badannya namun anggota badan lain diberikan kelebihan yang luar biasa. Sukses untuk film Tegar.

6 komentar:

  1. Baca review nya aja aku mewek, apalagi nonton filmnya nanti, hikss.. Semoga pemeran Tegar tetap lah kuat sesuai namanya, sukses dan menginspirasi

    BalasHapus
  2. Filmnya bagus nih buat motivasi anak-anak ya. Yang berkebutuhan khusus aja semangat pengen sekolah, anak-anak harusnya meniru semangat Tegar

    BalasHapus
  3. Ya ampun sanggup ngga ya nonton filmnya, keren banget semangat Tegar untuk maju ya

    BalasHapus
  4. Nangis banget pas adegan pertengahan sampai akhir .... Film bagus banget ini

    BalasHapus
  5. Filmnya keren, pemeran utama juga keren banget. Sangat berbakat. Film yang sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  6. Tegar merupakan film yang bagus untuk ditonton semua umur dan banyak kisah menarik yang bisa jadi pembelajaran di kehidupan :D wajib ditonton!!

    BalasHapus