Senin, 06 Maret 2023

Belajar Public Speaking di Ultah Gandjel Rel

 Assalamualaikum GRes…

Tak terasa kita sudah berada di awal bulan Maret 2023, tentunya banyak sekali yang peristiwa berkesan yang sudah kita lalui selama melewati tahun 2023 ini. Diantaranya adalah ulang tahun komunitas Gandjelrel Semarang pada tanggal 22 Februari 2023. Hayo, kalian  yang ngaku suka menulis sudah join komunitasnya belum? Komunitas yang didirikan oleh 5 blogger kece ini yaitu Dewi Rieka, Lestari, Rahmi Aziza, Uniek Kaswarganti dan Wuri Nugraeni ini telah berumur 8 tahun lo. 




Acara ulang tahun Gandjelrel telah berlangsung dengan lancar pada tanggal 22 Februari 2023 bertempat di Waroeng Kopi Alam yang beralamat di jalan Singosari Timur No. 8 Semarang, dengan tema “Menulis vs Berbicara di depan Umum”. Oia acara ulang tahun Gandjelrel ini dipandu oleh MC Norma Fitriana yang seru dan jago berpantun dari Pekalongan. Dihadiri oleh para blogger anggota Gandjelrel dan pengisi acaranya adalah mas Dodi Setiadi yang akrab disapa Bang Odi. 

Sekedar flash back Bang Odi sebenarnya sudah cukup lama dekat dengan komunitas blogger Gandjelrel lo. Beliau pernah juga menjadi pengisi acara ulang tahun Gandjelrel pada tahun 2018 dengan tema investasi Reksadana Manulife, dengan berbaju kotak-kotak pink dan baju tersebut dipakai lagi pada saat Gandjelrel ultah yang ke 8. Ada yang ingat?

Bang Odi adalah penyiar beken di Radio Imelda Semarang sejak 2008, pernah bekerja sebagai announcer dan music director di ProAlma FM, radio kampus Undip. Sejak SMA Bang Odi sudah sering menjadi MC.  Pengalaman lainnya adalah menjadi script writer. dan profesi lainnya adalah menjadi voice over talent dan podcaster.  Kali ini Bang Odi mengisi materi yang dibutuhkan oleh blogger Semarang yaitu tentang public speaking. Sebelumnya Bang Odi juga berpengalaman sebagai mentor public speaking bagi kaum difabel di Roemah Difabel Semarang sejak tahun 2020.


Sekarang ini banyak ya teman-teman blogger yang selain diundang sebagai blogger juga diundang menjadi pembicara secara daring/luring. Jadi, blogger sekarang tidak hanya duduk manis mencari ide tulisan tetapi juga dituntut untuk  harus bisa tampil keren di depan umum. Karenanya komunitas Gandjelrel selalu mendorong para anggota untuk tampil berani berbicara di depan umum diantaranya dengan mengajak para anggota untuk tampil sharing IG live atau sharing ilmu saat kopdar berlangsung.

Bagaimana jadi pembicara yang baik dan ideal ?

Para pakar komunikasi sering menyampaikan bahwa bukan tentang apa yang disampaikan atau materi yang dibicarakan, tapi bagaimana cara dan pendekatan kita menyampaikannya diantaranya adalah :

  • Good attitude/Positive Vibes
  • Efektif dan efisien
  • Dinamis/Tidak monoton
  • Bersikap terbuka
  • Transfer of Knowledge

Moga setelah ini member Gandjel Rel tak hanya bisa sharing melalui tulisan tapi juga piawai berbagi dengan public speaking.

Ohya, selain keseruan belajar public speaking, di acara ultah Gandjel Rel juga diumumkan pemenang lomba blog Menulis vs Bicara di Depan Umum, ada pembagian doorprize, dan tukar kado. Seru! Semoga kita diberi rejeki dan kesehatan untuk kopdar lagi di lain kesempatan, ya, GRes :)



ditulis oleh: Prana Ningrum



4 komentar:

  1. Seruuuu... Alhamdulillah aku bs ikut acara seru dg materi yg ndaging ini... Sukses selalu, Gandjel Rel...

    BalasHapus
  2. Keren banget acaranya ya. Sayangnya saya nggak bisa gabung. Semoga Gandjel Rel tambah sukses dan menginspirasi bagi penulis-penulis di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  3. Seneng pokoknya kalo kopdar bareng GRes, isinya gak hanya haha hihi dan ngemil. Tapi selalu ada pengetahuan baru yang bisa dijadikan upgrade diri

    BalasHapus
  4. dari hobi ngeblog sampai belajar public speaking, sangat berkembang sekali

    BalasHapus