Sunday, April 5, 2015

Workshop Travel N Blog 3 di Semarang

Tanggal 27-28 Maret lalu, beberapa anggota Gandjel Rel berkesempatan ikut Workshop Travel N Blog #3 yang diadakan di Semarang. Acara ini diprakarsai oleh 6 travel blogger yang mumpuni yaitu Firsta, Mumun dan Vina Indohoy, Wira Nurmansyah, Ariev Rahman. Workshop di Semarang adalah workshop di kota ketiga setelah Jakarta dan Bandung. Tak disangka, workshop Semarang begitu meriah! 

Anggota Gandjel Rel ikut workshop TnB 3 Semarang


Hari pertama workshop diisi oleh beberapa blogger ternama antara lain Ary Mozta yang mengupas habis tentang tampilan blog yang #nendangbokong hehe. Menurut dia, jika content is a king, so you blog is your kingdom. Kita tidak bisa mengabaikan penampilan blog kita karena itulah yang pertama dilihat pengunjung. Buatlah tampilan blog yang menarik dan mudah diakses. 

Ary mozta

Sesi kedua diisi Ariev Rahman, seorang traveler blogger yang berasal dari Ungaran. Ariev memiliki banyak prestasi menjuarai lomba blog berkat kepiawaiannya menulis blog yang ia kemas seperti cerita, hingga pembaca selalu menantikan tulisanya di blog. Ariev selalu menulis lebih dari 1000 kata di blognya, sebuah anomali karena konon panjang yang cocok untuk postingan blog adalah 300-400 kata. 

Sesi ketiga adalah Wira Nurmansyah, travel blogger yang beken karena foto-fotonya yang keren. Wira mengungkapkan waktu terbaik memotret adalah pagi dan sore hari, waktu yang biasa dilewatkan oleh traveler. Workshop hari pertama dilanjutkan dengan praktek langsung jalan-jalan di Lawang Sewu. Asyik ya! 

Hari kedua workshop, adalah pesertra diajak naik bus tingkat Semarjawi di Taman Srigunting! Kami berkeliling Kota Lama hingga Tugu Muda. Wow, panas Semarang hari itu lumayan mencekam hehe. Selesai tur naik bus tingkat, para peserta ditugaskan menulis acara jalan-jalannya dalam acara blogging on the spot. Seru sekali! 

peserta khusyuk menulis di acara blog on the spot

Sermbari menunggu hasil lomba, diadakan talk show peranan blogger lokal memajukan pariwisata bersama Fahmi Anhar dan Vira Indohoy. Menurut Fahmi, blogger lokal seperti Gandjel Rel hehe, bisa kok unjuk gigi di dunia blog, nggak melulu blogger Jakarta atau Bandung. 

keluarga travel n lbog 3 Semarang

Kita sebagai blogger lokal, uhuk juga bisa turut serta memajukan pariwisata kota kita dengan aktif menulis tempat-tempat wisata di kota kita. Cara menjadi blogger yang eksis menurut Vira adalah dengan membangun networking sesama blogger, juga dengan agensi, ikut komunitas blogger di kotamu. Alhamdulillah, acara workshop yang keren sekali. Jika diadakan di kotamu, jangan lupa daftar ya!

Sumber Foto:
Panitia Travel N Blog 3

 

1 comment:

  1. wah konsisten di atas 1000 kata mbak masnya? joss

    ReplyDelete