Sabtu, 06 Juni 2015

Uji Kesiapan Jaringan dan Layanan XL

Tak terasa sebentar lagi sudah mau puasa ya... Berbagai aktivitas berkaitan dengan persiapan bulan Ramadhan sekaligus lebaran 2015 sudah mulai tampak. Stok logistik para pedagang kian meningkat, para penyedia jasa pun makin membenahi diri, tak mau lengah barang sesaat pun.



Demikianlah yang dilakukan pula oleh PT. XL Axiata Tbk (XL) yang memiliki prioritas untuk memastikan jaringannya siap melayani pelanggan selama bulan Ramadhan dan Lebaran. Pada kedua momen penting itu, pada semua jenis layanan akan terjadi kenaikan trafik secara signifikan. Membeludaknya pergerakan 'mudikers' ke tanah kelahirannya mengakibatkan penggunaan jaringan dan layanan provider kian meningkat.

Untuk itulah XL melakukan net rally alias uji jaringan secara serentak di lima wilayah operasional dengan mengajak beberapa perwakilan media.

Kelima wilayah itu seperti gambar di samping : Jabodetabek, Central, East, West dan North. Detail area yang ada di masing-masing wilayah dapat diikuti pada gambar.

Pada tanggal 28 Mei 2015 yang lalu, XL mengundang awak media dan blogger untuk mengikuti jalannya teleconference antar kelima region itu. 


Tiap-tiap region menyampaikan hasil uji jaringan di wilayah masing-masing. Mereka yang menyampaikan hasil uji itu adalah :

1. Ongky Kurniawan di Padang (West)
2. Alvin di Jakarta (Jabodetabek)
3. I Gede Darmawangsa di Semarang (Central)
4. Mochamad Irwan Harahap di Malang (East)
5. Hananto Setiawan di Banjarmasin (North)

Untuk region North, uji jaringan dilakukan mulai Banjarmasin hingga Martapura. Kenapa pilih Banjarmasin? Ternyata kota ini juga merupakan salah satu tujuan mudik utama. Kebutuhan akses data di kota ini sangat besar. Satu yang unik pada net rally di region north ini adalah uji cobanya dilakukan di atas sungai dengan menggunakan Klotok :)


Rekan-rekan jurnalis dan blogger yang ada di wilayah Semarang antusias sekali mengikuti acara di XL Center Jl. Pandanaran ini. Ruang meeting yang ditempati tampak penuh, pemaparan hasil uji jaringan dari 5 region silih berganti disampaikan diselingi sesekali gurauan antar region plus dadah dadah sesama peserta teleconference :) 

Adapun untuk kota Semarang masuk di Region Central. Posisi traffic dan BTS yang dimiliki XL di Central dipaparkan sesuai data di bawah ini : 


Semarang - Solo menjadi pilihan rute net rally berdasarkan tingginya tingkat kebutuhan akan layanan dari XL. Posisi kedua kota itu dijelaskan melalui pemaparan grafis berikut ini.


 Untuk region Central, melalui net rally ini didapatkan hasil pengujian sebagai berikut :





Kekuatan dan kualitas sinyal di wilayah Central ini terhitung baik. Jadi untuk para pengguna XL, tidak usah kuatir kan. Mau dimana saja, kebutuhan akses panggilan, SMS maupun data akan tetap didukung oleh XL yang sudah mumpuni di bidangnya.

Welcome home, mudikers....




2 komentar:

  1. Wah, berarti dah oke semua ya jaringannya, siap-siap mudiik #Eh

    BalasHapus
  2. Mantap, hatapi taon ini aku gak mudik, hehehe

    BalasHapus