Rabu, 07 September 2016

How to Write Viral Content, Workshop Penulisan bersama Ollie Salsabeela

Oleh: Florensi Mellia



Hari Sabtu tanggal 3 September 2016 lalu, saya dan teman-teman blogger berkesempatan untuk mengikuti workshop penulisan di kampus Universitas Dian Nuswantoro, jalan Nakula I no 1-5 Semarang. Acara akan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Namun pada saat saya tiba sudah ada banyak calon peserta yang juga sudah hadir. Tidak hanya blogger, banyak juga mahasiswa yang turut berpartisipasi pada acara ini.
Tanpa menunggu lama, acara diawali dengan perkenalan singkat tentang Storial.co oleh Steve Wirawan. Storial.co sendiri adalah adalah sebuah sosial media tempat para penulis dapat menelurkan tulisannya. Menjadi istimewa karena di sosial media ini, penulis bisa mengunggah hasil karyanya perbab bahkan berkolaborasi dengan penulis lain untuk menerbitkan buku.



Selanjutnya disambung materi inti dari workshop oleh Ollie Salsabeela tentang ‘How to Write Viral Content’. Kak Ollie sendiri mengawali penyajiannya dengan memperkenalkan Zetta Media. Zetta Media sendiri adalah jaringan media digital yang berfokus untuk menginspirasi generasi muda. Ada beberapa portal yang berada di bawah Zetta Media. Diantaranya adalah Trivia.id, Rockingmama.id, Bagaya.id, Bola.media, Kamantara.id dan lain-lain. Portal ini tentu memiliki segmen pembaca yang dituju masing-masing.

Kak Ollie menyampaikan ada empat rumus agar tulisan yang kita buat bisa menjadi viral di sosial media. Mencari trending topic yang sedang dibicarakan di lini masa, menentukan dari sudut pandang mana penulis akan membidiknya, isi dari tulisan tersebut harus memecahkan permasalahan dan terakhir harus ada sentuhan personal story dari penulisnya.

Workshop tentu tidak menarik tanpa praktik langsung. Disela-sela penyampaian materi, kami diajak untuk belajar membuat tulisan viral berdasarkan step-step yang disampaikan. Sesi ini seru sekali, karena masing-masing diberi batasan waktu. Iya, kunci sukses dari setiap penulis adalah disiplin dan konsisten. Kak Ollie memaksa kami untuk belajar itu.




Di akhir materi, beberapa peserta workshop ditunjuk untuk menyampaikan hasil tulisannya. Amazing! Hanya dalam waktu 3 jam, tidak sedikit peserta yang menghasilkan tulisan bagus dan sukses meracuni kami.

Sore itu acara ditutup dengan sangat menyenangkan. Saya berkesan sekali. Terimakasih kepada Kak Ollie, Koh Steve dan team dari Zetta Media.

Untuk peserta workshop jangan lupa ya, ada PR artikel yang harus diunggah ke salah satu portal Zetta Media. Selamat menulis!






1 komentar:

  1. Aku belum tahu mba FLo yang mana, tapi aku sempet ada di foto itu hahahah
    salam kenal Mba. Soalnya aku baru dua kali ini ikutan acara blogger Semarang.

    BalasHapus