Friday, June 22, 2018

Liburan Seru, Belajar Ngeblog Bareng Ariev Rahman



Oleh: Bunda Dirga


Hallo GRes, bagaimana liburan Lebarannya? Semoga berkesan dan menyenangkan ya … Walau masih dalam suasana libur Lebaran, komunitas Gandjel Rel, GENPI Jateng dan Akber Semarang sempat mengadakan acara seru yaitu “Belajar Bareng Menjadi Travel Blogger”.




Yup…acara keren ini terselenggara meski sempat pesimis dengan jumlah peserta yang datang. Masih dalam suasana lebaran takut pesertanya sedikit karena belum bisa move on dari ketupat dan opor. Tapi ternyata wow..wow.. ruangan penuh sesak dan ada juga peserta yang berdiri hehehhe...

Saya jadi penasaran kenapa peserta bisa banyak yang datang. Ternyata, karena eh karena… pembicaranya adalah seorang travel blogger kondang. Bahkan ada juga peserta yang jauh-jauh datang dari Bawen.

Apa yang ada di benak GRes ketika mendengar kata Travel Blogger? Pasti terbersit salah satu nama yaitu Ariev Rahman, ya kan…hehehe. Jika kita mencari di Google nama Ariev Rahman akan selalu ada di list Travel Blogger Indonesia. Tenar kan? Ngehits kan? Kondang kan?

Mas Ariev selalu menuliskan pengalaman tentang perjalanannya di backpackstory.me. Tulisannya seru, lucu dan mudah dicerna hehehe, kayak agar agar ya. Saat berbicara di depan peserta, Mas Ariev membagikan cerita yang sangat berkesan, karena salah satu tulisan di blognya Mas Ariev mendapatkan hadiah dari pembacanya yaitu tiket pesawat ke Inggris karena Mas Ariev ingin melihat bola di sana. Enak yaa jadi Mas Ariev heheheh

Tulisan Mas Ariev yang terlihat seperti berkomunikasi, enak dibaca dan enak dipahami itu bukanlah suatu yang instant, bukan “mak bedundhuk”, semua melalui proses belajar dan terus membaca.

Ketika Traveling panca Indra kita juga harus diasah untuk mendapatkan ide tulisan. Dengan panca indera kita bisa mengambil ide dari sudut pandang yang menarik, misalnya ketika di salah satu negara melihat toilet yang maaf sangat bau, maka itu bisa dijadikan suatu tulisan. Namun ketika menulis kekurangan suatu negara atau suatu tempat, harus tetap menggunakan bahasa yang halus agar tidak terkesan menjelek-jelekkan.

Mas Ariev juga memberikan tips jika ingin blog kita dikunjungi pembaca, harus ada 2 Cont :

1. Content
Ketika menulis blog, sebisa mungkin memberikan informasi kepada pembacanya, sehingga blog tersebut dapat menjadi acuan atau informasi untuk pembacanya.

2. Consistency
Travel Blogger harus sering menulis, update terus blognya, jangan sampai terakhir menulis blog enam bulan yang lalu, kan gak mungkin pembaca mau balik lagi ke blog kita hehehehe, kata Mas Ariev sambil tersenyum.

Keren ya GRes…jadi tanggal 19 Juni 2018 kemarin, benar-benar hari yang luar bisa karena peserta bisa langsung menimba ilmu dari Mas Ariev. Mas Ariev berpesan “Menulislah karena kamu tidak akan tahu seberapa jauh tulisanmu akan membawamu”.

Merinding ya GRes… Luar biasa pengalaman yang sudah dibagikan oleh Mas Ariev kepada peserta. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk GRes ya. 





2 comments:

  1. Intinya banyakin jalan-jalan terus ditulis, gitu ya mbak? Siapp.. hehe..

    Meskipun saya nge-travelnya paling setahun sekali pas momen Lebaran itupun paling di sekitaran Kabupaten Semarang, tapi tetap semangat 45 buat membagikan pengalaman.

    Tips nya Mas Ariev keren sekali, bisa saya simpan buat bekal ngeblog nih. Makasih sharing ilmunya GRes, miss you all..

    ReplyDelete
  2. wah seru kak acaranya rame ya..:)

    ReplyDelete