Rabu, 20 November 2019

Kenali Fitur Google Question Hub dan Manfaatnya Bagi Blogger



Halo GRes.. 

Hari Rabu tanggal 13 Nopember 2019 lalu member Gandjel Rel dan salah seorang founder hadir dalam event yang digagas oleh Google di Semarang. Tepatnya sih kami diajakin membahas Get to Know Question Hub


Udah ada yang pernah mengenal Question Hub? 

Saya cerita aja ya dari perbincangan dengan Natalie Gross (Product Manager, Content Ecosystem) dan Alyssa Lingad (Enginer, Content Ecosystem), terbang langsung ke Indonesia dari USA. 

Jadi, Question Hub itu merupakan tools yang gunanya untuk mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab. 

Misal kamu yang sering mencari sesuatu di mesin pencarian Google, tapi tidak menemukan hasil yang paling relevan menurut pemikiranmu. Contohnya, kamu ingin mencari tentang cara memanggang ikan. Nah ternyata setelah dicari di mesin pencarian Google, kamu belum menemukan jawaban yang spesifik. Jawaban yang belum ada ini dikumpulkan oleh Google di Question Hub. 

Dari pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab ini lah Google membuat Question Hub. Jadi Question Hub ini memang salah satu tools, seperti Search Console dan Analytics. Question Hub yang akan membantu mengisi kekosongan itu dengan konten yang sesuai. Google Penelusuran mengelola informasi untuk menemukan hasil yang paling relevan bagi setiap pengguna. 

Question Hub ini masih baru banget, sekitar satu tahun lah ya. Dan untuk sementara hanya tersedia di Indonesia, India, dan Nigeria. 


Bagaimana Cara Kerja Question Hub? 

Pasti kamu penasaran ya bagaimana cara menggunakan Question Hub. Bagaimana Question Hub bisa menciptakan konten dari setiap pertanyaan yang tidak terjawab. Apa iya kamu sebagai blogger memiliki peluang untuk menuliskan konten yang dibutuhkan?


Caranya gampang banget. Yan penting kamu udah punya akun untuk akses di https://questionhub.google.com/

Misalkan selama ini kamu termasuk blogger yang sudah rajin mengakses Goolge Search Console dan Analytics, akan lebih mudah lagi. Tinggal buka aja link di atas ya. 

Ikuti langkah berikut ini : 

1. Temukan Pertanyaan Yang Tepat 

Pertama klik Add Question yang ada di bagian kiri atas dan pilih topik yang kamu inginkan. Nah pastikan topik yang kamu pilih sesuai dengan niche blog kamu ya. 

Nanti akan muncul deretan pertanyaan yang belum terjawab dari mesin pencarian Google. Pilih pertanyaan yang menurut kamu bakal menjadi konten yang keren. Mungkin kamu bisa sesuaikan dengan berita yang sedang viral di sosial media. 


2. Ciptakan Konten Yang Lebih Kaya 

Pertanyaan yang dikumpulkan di Question Hub ini bisa menjadi ide konten kamu. Menjadi kreator konten seharusnya jeli dengan munculnya banyak pertanyaan yang tak terjawab ini. Jadi, tunggu apa lagi, segera gunakan pertanyaan ini untuk menginspirasi kamu dan ciptakan konten yang lebih mendalam dan komprehensif. 

Kemudian klik “Jawab” di sebelah pertanyaan yang kamu pilih, submit url konten yang sudah kamu publish di blog. 


3. Tab Performance 

Nantinya kamu bisa melihat hasil dari apa yang sudah dilakukan dengan submit url untuk menjawab pertanyaan. Fitur ini juga menunjukkan seberapa aktif kamu menggunakan Question Hub. 


Trus, apa dong manfaat Question Hub bagi Blogger? 

Kalo untuk saya sih, manfaatnya tentu saja menjadi gudang ide. Iya, cocok banget kan buat blogger yang suka bingung mau nulis apa. Yang katanya malas karena idenya buntu, atau kurang fokus karena kebanyakan ide. 

Mulai sekarang nggak ada lagi alasan tidak publish artikel di blog karena nggak ada ide tentunya. 


Terima kasih kepada Fiana Dwiyanti, Publisher Community Manager (Indonesia) yang telah mewujudkan event ini. Juga tentunya menjadi penterjemah dari sharing Natalie dan Alysa. Karena di antara yang hadir, hanya saya yang nggak paham bahasa Inggris. Hahahaa...



Artikel ditulis oleh : Hidayah Sulistyowati

1 komentar:

  1. Aku belum nyobain Question Hub ini. Jadi di fitur ini kita bisa ngasih jawaban dengan link postingan blog kita yg relevan dg pertanyaan di sana ya

    BalasHapus