Senin, 21 Maret 2022

Kenali Jenis Kontainer Peti Kemas Dalam Bidang Logistik

Menjadi seorang importir atau eksportir, tentu saja tidak akan lepas dari pemilihan kontainer peti kemas. Ini adalah tempat penyimpanan barang-barang yang akan dikirim atau didatangkan dari negara lain melalui berbagai jalur. Jenis dari peti ini sangatlah beragam dimana menyesuaikan dari isi produknya sehingga aman serta selamat selama perjalanan.

Barang yang dieskpor atau diimpor tentu saja mempunyai jumlah yang sangat besar. Selain itu, pemilihan tempat penyimpanannya juga harus tepat mengingat ada bahan mudah rusak, terbakar, sensitif terhadap suatu hal, dan lain sebagainya dimana membutuhkan perlakuan khusus supaya kualitasnya tetap bagus.

Jenis Container Peti Kemas

Dalam dunia logistik, kontainer mempunyai banyak sekali jenisnya. Jasa penyedia tempat simpan ini tidak boleh sembarangan membuat karena harus sesuai standar ISO. Pemilihan container secara tepat akan memudahkan pemindahan menuju transportasi baik memakai jalur laut, darat, maupun udara. Berikut jenis-jenisnya.

1. Open Top Container

Seperti namanya, penyimpanan satu ini mempunyai atap yang terbuka. Dengan demikian, cocok untuk kargo yang mempunyai ukuran tinggi melebihi tinggi lebih serta tidak bisa masuk melalui pintu kontainer. Rel dipasang berupa bentuk cincin digunakan untuk mengamankan kargo dimana terletak di dua sisi yaitu atas dan bawah.

2. Tunnel Container

Peti selanjutnya mempunyai bentuk layaknya sebuah terowongan. Ini dapat dilihat dari ujung kanan dan kiri peti yang terbuka. Dengan demikian, sangat memudahkan dalam proses pemindahan barang. Selain itu, pemindahan nantinya juga semakin efisien karena lebih cepat tanpa ada hambatan.

3. Dry Storage

Penyimpanan kering atau dry storage biasanya dimanfaatkan di ranah industri serbaguna. Kegunaannya adalah mengirimkan barang-barang bersifat kering. Terdapat berbagai pilihan ukuran atau kapasitas, mulai dari 10ft, 20ft, hingga 40ft. Dry Storage mempunyai 1 akses pintu dan yang tertutup. Bahannya didesain tahan terhadap cuaca.

4. Reefer Container

Jenis berikutnya asalah Reefer Container atau juga dikenal sebagai refrigerated ISO container. Peti kemas tersebut mempunyai sistem pendingin sebagai penjaga kualitas barang di dalamnya. Sebagai contoh, mengawetkan produk seperti buah dan sayur dimana cepat membusuk. Kontainer tersebut biasanya terbuat dari bahan baja.

5. Thermal Container

Peti thermal juga mempunyai sistem pengaturan suhu sehingga cocok untuk pengiriman jarak jauh atau membutuhkan waktu lama di perjalanan. Kompresor mekanik di dalamnya dapat diatur untuk menaikkan atau menurunkan temperatur sesuai kebutuhan. Material dari pengemasan satu ini mirip termos atau botol.

6. ISO

Kontainer ISO adalah pengemasan yang khusus untuk bahan nitrogen cair dengan tekanan luar mulai dari 0,41 bar, -40 derajat celcius, -130 derajat celcius. ISO Tank terbuat dari baja berkualitas tinggi supaya mampu menjaga kualitas barang di dalamnya. Penggunaan tanki ini harus terisi 80% saja untuk menghindari lonjakan ketika perjalanan.

7. Half Container

Peti setengah berarti mempunyai ukuran setengah dari kapasitas kontainer pada umumnya. Ini dipakai dalam pengiriman barang seperti batu, pasir, hingga batu bara. Gaya gravitasinya yang rendah membuatnya lebih baik dalam mengangkut benda-benda berat.

Hagajaya, Solusi Pengiriman Logistik Terbaik

Untuk mempermudah usaha Anda semakin berkembang, pengiriman barang yang cepat harus diperhatikan. Hagajaya menjadi solusi terbaik karena menyediakan berbagai pilihan kontainer berkualitas yang dapat dipilih sesuai jenis produk yang Anda kirim atau datangkan. Segera cek hagajaya.com dan dapatkan harga terbaik.

Itu dia informasi tentang jenis kontainer peti kemas. Dalam dunia logistik, ragamnya sangat banyak dimana menyesuaikan berdasarkan kebutuhan macam produknya supaya aman dan tetap bagus kualitasnya sampai ke tangan pelanggan dengan jasa hagajaya.com.




1 komentar: