Jumat, 05 Januari 2024

Nyi Penengah Dewanti: Ngimi Blogger Januari 2024

Siapakah yang terpilih sebagai Ngimi Blogger Januari 2024 ini?

Nyi Penengah Dewanti

Di bulan lalu, ia berhasil membuat 19 postingan di blog. Admin jadi penasaran bagaimana sih prosesnya selama menjadi blogger. Simak wawancara admin dengan Nyi.

1. Bagaimana awal cerita hingga menjadi blogger?

Awal mula jadi blogger itu salah satu temen nulis buku nyaranin buat bangun blog, posisi Nyi lagi merantau di Hongkong tahun 2011 waktu itu. Awalnya mikir apa sempet sih dan nggak tau cara bikin blog hehehe. Eh dibuatkan itu sama dia. Jadilah punya blog. Saat itu masih gratisan dan isinya campur-campur apa aja, yang penting ada isinya blognya. Mikirnya gitu. Kalau memantaskan diri jadi blogger itu saat dah mulai resign dari kerjaan 2017.

2. Terus, gimana bisa masuk GR?

Masuk Gandjel Rel itu dulu cari-cari info komunitas di Kendal. Awalnya ada ga sih komunitas blogger. Trus ada yang bilang ada, Gandjel Rel tapi khusus Semarang katanya. Luar kota ga boleh, eh pas nanya-nanya boleh. Terus gabung FB grupnya dulu baru join ke grup WA. Karena masih kerja jadi gak mantau banyak di grup.

3. Ceritakan 1 pengalaman berkesan sebagai blogger? 

Pengalaman berkesan jadi blogger sekaligus merasa jadi blogger ternyata enak dapat bayaran itu pas event salah satu bank ternama bareng Gandjel Rel yang ngisi mas Nuno. Coba-coba daftar eh keterima ikutan event. Barulah izin dari kantor. Pas dikasih tau sow, ga nyangka fee-nya gede. Dari sana mulai mikir untuk terjun ke dunia blog. Udah dapet ilmu, makan kenyang, eh dapet fee pula.

Selain itu, ini salah satu foto di Mangrove PIK Jakarta 25 November 2023. Salah satu pencapaian ngeblog bareng EBS (ECO Blogger Squad), diajak tanam Mangrove langsung ke Jakarta oleh Hiip (Blogger Perempuan Network).



4. Kalau pengalaman yang nggak enaknya apa?

Kalau kalah dari lomba blog kali ya? Hehehe ga enak kalah tapi meski kalah, seneng juga sih bisa ikutan lomba blog karena berhasil menghalau rasa malas dan berkompetisi dengan blogger yang lain.

5. Apa tips buat blogger agar semangat nulis?

1. Tentukan dulu motivasi apa buat ngeblog. 
Buat nambah cuan, sharing, bagi2 ilmu atau apa. 
Kalau saya kan niat Monet sekaligus sharing pengalaman. Jadi tau motivasinya apa, otomatis saya harus rajin ngeblog/nulis. Kalau ga rajin nulis mana ada yang ngajak kerjasama.

2. Bikin second blog
Kalo udah tau ternyata blog ngasilin uang. Berarti bisa nih bikin blog lagi. Tapi harus yakinkan diri bisa ngelola dan bagi waktunya. Allhamdulillah target punya 10 blog 2023 udah tercapai nih. Tipsnya updatenya selang seling. Misal Senin blog A dan B. Selasa blog c dan D. 

3. Rumus 3 in 1
Kalo ada 1 iklan masuk, timpa dengan 3 artikel original. Biar blognya nggak dianggap etalase 

4. Bangun jaringan
Bergabung di banyak komunitas/grup, tapi pilah pilih juga. Kalau nggak sesuai jangan paksakan untuk bergabung. Misal grup yang untuk blogwalking, join aja. Wong buat nambah trafik dan lebih saling mengenal lagi sesama blogger. 

Dengan bergabung bersama grup atau komunitas, channel untuk dapat job semakin lebar.

 

Nah, buat yang kepo sama tulisan Nyi, bisa kunjungi blognya di https://www.nyipenengah.com/ ya. Semoga terus semangat ngeblog.


3 komentar:

  1. Selamat ya Nyi.... Keren banget walaupun ada dedek kecil masih tetep the best nulisnya. Semangat ya .. salam sehat selalu..

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, keren banget semangat ngeblognya Nyi. Inspiratif, jadi pengen kayak Nyi juga, konsisten bangun blog

    BalasHapus
  3. MasyaAllah terima kasih Gres, semoga kita terus saling menyemangati ya

    BalasHapus